Tentang Keampuhan Minyak Dayak

Tentang Keampuhan Minyak Dayak
Minyak Dayak. Foto: Kalteng Pos/JPNN

jpnn.com - MISTIS, mitos, dan hal-hal gaib merupakan hal yang sudah tidak asing di masyarakat Indonesia. Terlebih di kalangan masyarakat Dayak.

Ada kepala yang terbang tanpa tubuh. Ada juga mandau  yang bisa melayang tanpa pemegangnya. Kali ini penulis mencoba mengulas sebuah minyak. Orang sering menyebutnya dengan minyak Dayak.
-------------
DIDIN RAKHMADIN, Palangka Raya
-------------
SEBUAH kejadian terkadang menyimpan hikmah di baliknya. Contohnya saat saya mengalami kecelakaan tragis belum lama ini. Insiden ini justru membuat saya lebih mengenal dengan kearifan lokal Suku Dayak.

Terutama yang berhubungan erat dengan pengalaman unik dan supranatural.  Nah kok bisa unik?

Berawal ketika saya mengalami kecelakaan. Saya sebenarnya tergolong pengendara yang memiliki disiplin berlalu lintas tinggi. Namun, di malam nahas itu, ketika berniat membeli sayur, saya kendarai sepeda motor dengan kecepatan hanya berkisar antara 20-40 km/jam.

Ketika melewati simpang empat musibah itu terjadi. Tidak diduga, mendadak muncul kendaraan berkecepatan tinggi dari arah kanan. Kencang, dan tidak menghidupkan lampu kendaraan. Ironisnya si pengemudi dalam kondisi mabuk. Tabrakan pun tidak dapat terhindarkan.

Kerasnya benturan membuat saya terlempar. Sangat terasa ketika bagian depan motor si pemabuk, beradu dengan bagian dada. Tidak perlu diceritakan bagaimana sakitnya. Alhasil, bagian tulang-tulang selangka saya didiagnoasa patah. Posisinya di bagian kanan antara leher dan bahu.

Yah… Tulang itu punya tugas menopang tulang –tulang lainnya. Seperti fondasi yang menahan sebuah bangunan. Bahasa medisnya, Fraktur Navicula.

Hasil rontgen memperlihatkan posisi tulang dekat leher, lepas. Singkat saja, biaya operasi jelas cukup mahal. Hal itu juga tidak akan mempercepat penyembuhan. Alternatif lainnya adalah melakukan pijat tradisional. Tujuannya adalah menyatukan tulang yang patah. Untungnya ketika itu ada teman, sebut saja Tono, menawarkan sebuah minyak.

MISTIS, mitos, dan hal-hal gaib merupakan hal yang sudah tidak asing di masyarakat Indonesia. Terlebih di kalangan masyarakat Dayak. Ada kepala yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News