Tentara Gadungan Nekat Mengawal BBM Ilegal, Begini Jadinya

Tentara Gadungan Nekat Mengawal BBM Ilegal, Begini Jadinya
Kodim 0415 Jambi menangkap oknum yang mengajukan sebagai TNI bertugas di kesatuan Kodim 0415 Jambi. (ANTARA/HO-Kodim 0415 Jambi)

jpnn.com, JAMBI - Unit Intel Kodim 0415 Jambi menangkap seorang oknum tentara gadungan berinisial GHH (38) yang mengawal pengangkutan bahan bakar minyak (BBM) ilegal.

Danunit Intel Kodim 0415 Jambi Kapt Inf Amru mengatakan pihaknya melakukan serangkaian penyelidikan dan pemeriksaan setelah beberapa waktu lalu muncul isu yang menyebutkan adanya dugaan oknum anggota TNI di jajaran Kodim Jambi terlibat aktivitas ilegal.

"Kami bergerak cepat untuk melakukan pengungkapan karena kami tidak ingin nama kesatuan tercoreng oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," katanya.

Dari pengembangan yang dilakukan, diketahui bahwa oknum terdapat mengaku sebagai anggota TNI di kesatuan Kodim 0415 Jambi. Pelaku GHH adalah TNI gadungan yang kesehariannya bekerja sebagai karyawan swasta.

"Kejadian ini menjadi pengingat bagi anggota prajurit TNI, khususnya Kodim 0415 Jambi, untuk menghindari pelanggaran dalam bentuk apapun dan dalam skala apapun. Hindari pelanggaran sekecil apapun yang berakibat tercorengnya nama kesatuan," kata dia.

Pengungkapan ini setelah adanya laporan bahwa ada oknum TNI Kodim 01l415 Jambi yang mengawal BBM ilegal. Dari situlah pengembangan dilakukan, hingga menangkap TNI gadungan tersebut.

Dari pengakuan pelaku, kata dia, TNI gadungan ini mengaku sebagai anggota TNI kepada sejumlah media dan LSM di Riau.

Tujuan pengakuan itu untuk melancarkan aksi ilegal yang dilakukan oknum TNI gadungan tersebut.

Seorang tentara gabungan berinisial GHH (38) ditangkap setelah nekat mengawal pengangkutan BBM ilegal.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News