Terapi Baru untuk Diabetes Segera Hadir di RSCM

Terapi Baru untuk Diabetes Segera Hadir di RSCM
Terapi Baru untuk Diabetes Segera Hadir di RSCM
JAKARTA - Terapi sel punca alias stem cell dapat segera dinikmati di Tanah Air dalam waktu dekat. Metode terbaru pengobatan diabetes itu akan segera diluncurkan oleh pemerintah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Diharapkan, pengembangan jenis pengobatan anyar ini dapat mengurangi potensi WNI yang berobat ke luar negeri.

      

Pakar diabetes dan penyakit kardiovaskular Universitas Indonesia (UI), Dante Saksono Harbuwono mengatakan, penderita diabetes pasti akan mengalami penurunan sel pankreas. Maka terapi stem cell dapat disuntikkan pada pankreas untuk mengembalikan kadar gula darah seperti orang normal. "Kini teknologi itu akan ada di Indonesia," kata dia di Jakarta, Minggu (14/11).

      

Menurut Dante, ada beberapa penderita diabetes yang mengalami kegagalan fungsi pankreas. Untuk mengatasinya dibutuhkan penggunaan insulin. Zat itu berguna menggantikan fungsi pankreas karena sel-selnya tidak dapat beregenerasi. Dalam hal ini, Pankreas buatan akan berguna mengatasi keterbatasan regenerasi dengan menggunakan stem cell. "Unsur pengobatannya memberi solusi jangka panjang bagi penderita," kata dia.

Teknologi stem cell mulai dikembangkan pada tahun 2007 dan terbukti dapat menyembuhkan diabetes. Pankreas dapat berfungsi kembali secara normal untuk menghasilkan insulin. Sel punca bagi para ahli didefinisikan sebagai sebuah sel tunggal yang bisa beraplikasi sendiri menjadi sel sejenis atau malah berdiferensiasi menjadi sel yang berbeda.

JAKARTA - Terapi sel punca alias stem cell dapat segera dinikmati di Tanah Air dalam waktu dekat. Metode terbaru pengobatan diabetes itu akan segera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News