Terapkan Blended Learning, Siswa Sekolah Murid Merdeka Makin Enjoy

Terapkan Blended Learning, Siswa Sekolah Murid Merdeka Makin Enjoy
Siswa melakukan pembelajaran jarak jauh atau PJJ secara daring. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Metode pembelajaran blended learning atau campuran kini tercipta karena Pembelajaran jarak jauh (PJJ) masih diberlakukan di sekolah. Metode antara online atau daring dan luar jaringan (luring) lahir lebih cepat dari yang direncanakan pemerintah. 

Kepala Sekolah Murid Merdeka (SMM), Laksmi Mayesti W mengatakan, konsep blended learning pada dasarnya bertujuan menghadirkan fleksibilitas pembelajaran yang tidak pernah dirasakan murid sebelumnya.

"Anak mempunyai kesempatan mengeksplorasi belajar daring sesuai minatnya, tetapi juga mendapatkan kesempatan mengembangkan kebutuhan dan keterampilan sosial lewat pertemuan luring dengan guru dan teman," tutur Laksmi dalam siaran persnya, Rabu (10/2).

Laksmi melanjutkan, SMM memilih memadukan pembelajaran daring dan luring agar menjadi landasan sekolah di masa depan. Menurutnya perkembangan teknologi yang sangat pesat akan membuat anak makin banyak berinteraksi dengan aktivitas online yang cukup beragam.

Namun di sisi lain, pertemuan tatap muka secara langsung dengan guru dan teman-temannya akan tetap menjadi kebutuhan pokok anak. Untuk menyeimbangkan kebutuhan sosialnya dan kognitifnya.

Selama masa pandemi, kata Laksmi, SMM berupaya untuk menghadirkan konsep pembelajaran yang menyenangkan mengingat potensi anak akan merasakan kebosanan selama belajar daring.

Dia menjelaskan, agar kegiatan belajar daring anak menjadi menyenangkan bisa dikombinasikan dengan pengerjaan lembar kegiatan positif, menonton video, dan juga membaca buku cerita yang relevan, permainan interaktif, prakarya, dan eksperimen mandiri lewat alat dan bahan yang tersedia.

Menurutnya, pengaturan waktu dan disiplin yang positif juga menjadi kunci dalam keberhasilan skema belajar daring atau PJJ.

metode Blended Learning sangat cocok digunakan saat pandemi karena membuat siswa lebih enjoy seperti yang diterapkan sekolah murid Merdeka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News