JPNN.com

Ini Cara Mudah Mengatasi Kebosanan Mahasiswa dan Dosen Saat PJJ

Kamis, 26 November 2020 – 21:45 WIB
Ini Cara Mudah Mengatasi Kebosanan Mahasiswa dan Dosen Saat PJJ - JPNN.com
Dewan Penasihat Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS-TPI) Dr Uwes Anis Chaeruman. Foto: tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi COVID-19 memicu para dosen mengatur strategi untuk memenuhi capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK). Dewan Penasihat Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS-TPI) Dr Uwes Anis Chaeruman mengatakan, CPMK sangat dibutuhkan agar mahasiswa mampu mendapatkan hasil memuaskan di akhir perkuliahan.

"Di masa pandemi, para dosen harus mencari strategi tepat untuk diiaplikasikan salah satunya metode e-learning," kata Uwes dalam dalam webinar dengan Langkah Sukses Memenuhi CPMK, besutan SEVIMA, Kamis (26/11).

Dijelaskan Uwes, banyak orang mengira, sistem pembelajaran online dilakukan karena adanya pandemi. Anggapan itu kurang tepat. Sebab, sistem pembelajaran online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) sudah direncanakan sejak 2013 sebagai salah satu potret pembelajaran di masa mendatang.

Uwes yang menulis buku tentang pembelajaran online berjudul PEDATI (Pembelajaran Daring Perguruan Tinggi) membagi metode e-learning dalam dua jenis: synchronous learning dan asynchronous learning. Pembahasan perkuliahan secara langsung, baik melalui live synchronous learning (tatap muka) dan virtual synchronous (tatap maya).

Sedangkan asynchronous merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi modern, seperti aplikasi dan fitur-fitur tertentu. Asynchronous dibagi menjadi dua, yaitu self directed asynchronous dan collaborative asynchronous.

Self directed asynchronous merupakan metode pembelajaran yang bisa dilakukan secara mandiri. Selain itu metode pembelajaran ini bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

Menurut Uwes, metode pembelajaran ini sangat cocok untuk diaplikasikan selama masa pandemi. Bahkan sangat cocok digunakan untuk memenuhi kriteria capaian pembelajaran.

Sedangkan collaborative asynchronous adalah metode pembelajaran yang bisa dilakukan untuk belajar dan bertukar pikiran dengan satu dengan yang lain melalui media digital.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri