Terbatasnya Pasokan Chip Komputer Akibat Invasi Rusia Sebabkan Harga Mobil di Australia Lebih Mahal

Terbatasnya Pasokan Chip Komputer Akibat Invasi Rusia Sebabkan Harga Mobil di Australia Lebih Mahal
Pasok chip komputer dan juga invasi Rusia ke Ukraina mempengaruhi produksi mobil di dunia sekarang ini. (ABC News: Matt Roberts)

Masa tunggu untuk mendapatkan mobil baru di Australia sekarang melebihi 12 bulan, akibat masalah pasokan global yang ditimbulkan invasi Rusia ke Ukraina yang turut menaikan harga mobil bekas dan baru.

Direktur Eksekutif Asosiasi Dealer Otomotif Australia James Voortman mengatakan masa tunggu untuk mendapatkan beberapa merek dan model mobil yang populer sekarang sekitar 12 bulan atau lebih.

"Ini situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Voortman.

Manajer umum dealer Toyota di Phillip, Canberra, Amir Hayati mengatakan sebelum masa pandemi, masa tunggu untuk mendapatkan sebuah mobil baru adalah sekitar empat bulan.

"Namun sekarang sudah berubah menjadi lebih panjang lagi yaitu 12 bulan," katanya.

Alasan utama masa tunggu yang lama bagi produksi mobil baru adalah langkanya ketersediaan semi konduktor.

Mobil modern sekarang ini memerlukan ratusan komponen tersebut yang bekerja seperti komputer kecil yang menghubungkan berbagai bagian dari mobil sehingga bisa berfungsi dengan baik.

"Ini masalah yang dihadapi oleh semua pasar dan semua merek mobil di dunia," kata Voortman.

Bila ingin membeli mobil di Australia, Anda harus menunggu sampai 12 bulan dan mengeluarkan biaya lebih banyak karena dampak invasi Rusia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News