Terduga Teroris FA Pengurus Muhammadiyah? Begini Kata Polri

Sabtu, 10 April 2021 – 16:11 WIB
Terduga Teroris FA Pengurus Muhammadiyah? Begini Kata Polri - JPNN.com
Densus 88 Mabes Polri membawa terduga teroris. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, FA terduga teroris yang ditangkap Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 di Bandara Soekarno Hatta, bukan pengurus PP Muhammadiyah.

Argo menyebutkan, pihaknya perlu meluruskan pemberitaan yang menyebutkan terduga teroris FA adalah pengurus PP Muhammadiyah.

"Hal itu tidak benar. FA merupakan anggota organisasi Jemaah Islamiyah (JI) Yogyakarta," kata Argo dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/4).

Menurut Argo, beredarnya berita soal terduga teroris FA sebagai pengurus organisasi keagamaan di Tanah Air sudah menjadi strategi jaringan terorisme JI.

"Memang strategi JI adalah membenturkan pemerintah dengan organisasi agama yang ada agar terjadi konflik," ungkap Argo.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu menjelaskan, hasil dari penyidikan, FA merupakan anggota kelompok teroris JI yang memiliki peran cukup vital.

FA diketahui sebagai orang yang melakukan doktrinisasi terhadap anggota kelompoknya.

"Yang bersangkutan melakukan perekrutan beberapa orang untuk masuk ke dalam organisasi JI dan melakukan I’dad atau pelatihan militer dan mendaki Gunung Lawu yang merupakan salah satu tahapan persiapan dalam aktifitas terorisme kelompok ini," ujarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...