Terima Hibah Jepang, KKP Optimalkan Pembangunan 6 SKPT

Terima Hibah Jepang, KKP Optimalkan Pembangunan 6 SKPT
Ilustrasi. Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Badan Kerjasama Internasional Jepang atau Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) menandatangani naskah perjanjian hibah senilai 2,5 miliar Yen atau senilai Rp. 324 juta (kurs Yen 1: Rp.129,34) untuk program pengembangan sektor perikanan untuk pulau-pulau terluar indonesia. 

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Sekretaris Jenderal KKP Nilanto Perbowo bersama Perwakilan JICA untuk Indonesia, Shinichi Yamanaka di Gedung Mina Bahari I, Kantor KKP, Jakarta pada Selasa (31/7).

“Program ini akan memberikan dukungan fiskal terhadap rencana pembangunan Sentar Kelautan dan Perikanan Terpadu dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Indonesia untuk membangun dan meningkatkan pelabuhan perikanan dan pasar ikan di 6 pulau terluar Indonesia,” ujar Nilanto.

Adapun fasilitas dan target area dari program ini berupa fasilitas pelabuhan perikanan dan pasar ikan di daerah Sabang (Provinsi Aceh), Natuna (Provinsi Riau), Morotai (Provinsi Maluku), Saumlaki (Provinsi Maluku), Moa (Provinsi Maluku), dan Biak (Provinsi Papua).

Untuk Sabang dialokasikan dana sebesar 1,2 miliar yen, dan akan digunakan untuk pembangunan cold storage, processing, instalasi pengolahan, tempat pendaratan ikan, dan pemberhentian kapal. Tak hanya itu, ice flake machine berkapasitas 10 ton juga akan disiapkan.

Hal serupa juga akan dilakukan di Kepulauan Natuna yang mendapat dana alokasi sebesar 983 ribu yen, Morotai sebesar 707 juta yen, Saumlaki 692 juta yen, Moa 424 juta yen, dan Biak sebesar 260,9 juta yen.

“Jadi total 2,5 miliar yen. Saat ini masih disiapkan kajiannya. Proyek ini disiapkan untuk 2020, kita harus mengejarnya. Waktu pembangunannya serentak di 6 lokasi dan akan dikerjakan dalam waktu enam bulan ke depan terhitung dari hari ini,” tutur Nilanto. 

“Kami ingin dari hulu ke hilir, fasilitas itu ada semuanya. Jadi kita ingin memastikan pembangunan mulai dari tepi pantai, kapal mendarat, kemudian ke tempat pengolahan itu terjamin. Kami ingin perbaiki semuanya. Jadi dari mulai menangkap ikan, prosesnya disimpan di ice flake machine hingga dipasarkan terpantau,” tambahnya. 

Dengan program ini, diharapkan para nelayan kecil di Indonesia bisa menggunakan pelabuhan perikanan yang dilengkapi dengan fasilitas penyimpanan pendingin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News