Terima Kasih Owi/Butet, Kalian Luar Biasa

Terima Kasih Owi/Butet, Kalian Luar Biasa
Owi/Butet sabet emas. Foto: AFP

jpnn.com - RIO DE JANEIRO - Indonesia berhasil mengembalikan tradisi emas di Olimpiade. Lagi-lagi, cabang bulu tangkis menjadi penyelamat muka Indonesia dalam multievent empat tahunan itu.

Adalah ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang berhasil membuat lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di Brasil.

Owi/Butet, sapaan karib keduanya, sukses menekuk wakil Malaysia Chan Peng Soon/ Goh Liu Ying dua set langsung dengan skor 21-14, 21-12 di Riocentro Pavilion, Rio de Janeiro, Rabu (17/8) malam WIB,

Hasil itu membuat Indonesia kembali memetik emas di Olimpiade. Sebelumnya, Indonesia sempat paceklik emas pada Olimpiade 2012 lalu. Kali terakhir Indonesia merebut emas ialah pada Olimpiade 2008 lewat ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan.

Hasil itu juga melahirkan sejarah bagi Indonesia. Inilah kali pertama Indonesia menempatkan ganda campuran di podium tertinggi Olimpiade. Bagi Owi/Butet, ini juga emas pertama mereka di pesta olahraga tertinggi di dunia itu.

Khusus Butet, catatan ini juga merupakan perbaikan karena sebelumnya hanya meraih perak pada 2008 silam. Kala itu, Butet masih berpasangan dengan Nova Widiyanto.

Torehan Owi/Butet menjadi kado istimewa bagi Indonesia yang tengah merayakan ulang tahun kemerdekaan ke-71. (jos/jpnn)


RIO DE JANEIRO - Indonesia berhasil mengembalikan tradisi emas di Olimpiade. Lagi-lagi, cabang bulu tangkis menjadi penyelamat muka Indonesia dalam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News