Kamis, 17 Januari 2019 – 15:48 WIB

Terlibat Narkoba, Tiga Anggota Polres Aceh Barat Dipecat

Sabtu, 29 Desember 2018 – 17:38 WIB
Terlibat Narkoba, Tiga Anggota Polres Aceh Barat Dipecat - JPNN.COM

jpnn.com, ACEH BARAT - Tiga anggota Polres Aceh Barat dipecat  secara tidak hormat atau PTDH karena terlibat penyalahgunaan narkotika. Pemecatan ini langsung dipimpin langsung Kapolres Aceh Barat, AKBP Raden Bobby Aria Prakarsa, di Meulaboh, Jumat (28/12).

Dia menyebutkan ketiga anggota yang dipecat, telah melewati proses hukum yang berlaku dan ditetapkan secara hukum melalui sidang Kode Etik (KE).

"Hasil pemeriksaan intern, yang bersangkutan positif mengkonsumsi narkotika. Sebelum penjatuhan sanksi pemberhentian tidak hormat, yang bersangkutan telah menjalani proses pemeriksaan tes urin, sidang KE sehingga diputuskan sanksi PTDH," tegasnya.

Tiga anggota Polres Aceh Barat yang dipecat, yakni berinisial S berpangkat Bripka, SA Brigadir, dan MR berpangkat Briptu. Dua orang tertangkap pada 2017 dan satu orang tertangkap pada Maret 2018.

Pemecatan terhadap ketiganya itu, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri. Berikutnya, Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 14 tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Polri.

Walaupun ketiga personel polri yang dipecat, tidak hadir dalam upacara PTDH, namun Bobby menuturkan, tidak membatalkan proses pelaksanaan hukuman sanksi pemecatan, karena telah mencoreng nama institusi.

"Memang ketiganya tidak hadir dalam upacara, istilahnya inabsensi. Tidak masalah itu, karena sanksi itu telah diberlakukan pemberhentian secara administratif oleh satuan kepada yang bersangkutan," jawabnya.

Dia juga menyebutkan, kebijakan pemecatan terhadap anggota Polri yang mengkonsumsi dan pengedar narkotika, sesuai dalam aturan. Sanksi tegas ini, diharapkan menjadi pelajaran keras kepada anggotanya supaya jera terlibat dengan urusan narkotika.(den/mai)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar