Terminal Peti Kemas Semarang Siap Layani Bongkar Muat 800 Ribu TEUs

Terminal Peti Kemas Semarang Siap Layani Bongkar Muat 800 Ribu TEUs
Ilustrasi

jpnn.com - SEMARANG – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyatakan siap mendukung pengusaha ekspor-impor di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Pelindo III juga siap mendorong perekonomian Jateng, dengan kapasitas bongkar muat di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), yang mencapai 800 ribu TEUs per tahun.

"Saat ini yang dimanfaatkan baru 600.000 TEUs per tahun, jadi silakan dimanfaatkan untuk bisnis para pengusaha produk ekspor-impor,” ujar GM Pelindo III TPKS Erry Akbar Panggabean dalam siaran persnya, Rabu (1/6).

Nantinya lebih dari 200 pelaku usaha, investor, asosiasi usaha BUMD, BUMN, dan lembaga keuangan dari kota/kabupaten se-Jawa Tengah bakal menghadiri forum investasi tahunan Kota Semarang itu.

Karena itu, Pelindo III terus memodernisasi fasilitas di TPKS. Di antaranya, dengan menambah dermaga sepanjang 105 meter menjadi 600 meter, sehingga bisa disandari oleh tiga kapal sekaligus.

Kemudian membangun lapangan penumpukkan peti kemas baru, serta penambahan alat angkat peti kemas berupa dua unit Ship To Shore (STS) crane. Sehingga total tersedia ada tujuh STS crane dan juga penambahan 16 unit Automatic Rubber Tyred Gantry (RTG), untuk memperkuat 16 unit RTG yang sudah ada sebelumnya.

“Dukungan pemerintah provinsi dan kota pada pengembangan sesuai rencana induk pelabuhan untuk 20 tahun ke depan ini sangat penting,” tandas Erry. (chi/jpnn)

 


SEMARANG – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyatakan siap mendukung pengusaha ekspor-impor di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Pelindo III


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News