Terminal Seharga Rp 88 Miliar Mangkrak

Terminal Seharga Rp 88 Miliar Mangkrak
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - BANJARMASIN – Nasib terminal regional tipe A yang melayani jurusan antar provinsi di Kalimantan terkatung-katung. Hingga kini, terminal yang status pengelolaannya sudah diserahkan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan belum juga dioperasikan.

Para sopir bus antarprovinsi yang biasa mangkal di terminal Km 6 Banjarmasin belum sepenuhnya mau menerima dan pindah ke terminal yang terletak di Jalan A Yani Km 17 Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar.

Padahal, terminal yang sudah selesai dibangun sejak 2013 ini menghabiskan biaya sekitar Rp 88 miliar. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kalsel Supian AH menyatakan izin operasi sekarang diambilalih oleh Kementerian Perhubungan.

Sebelum diambilalih pemerintah pusat, pengelolaan terminal regional ini sempat menjadi rebutan antara Pemerintah Kabupaten Banjar dengan Pemerintah Kota Banjarmasin dan Pemerintah Kota Banjarbaru.

Uji coba pengoperasian ini sudah beberapa kali dilakukan, baik oleh Pemerintah Provinsi Kalsel maupun Pemerintah Kabupaten Banjar. Tapi kenyataannya, keberadaan terminal regional ini belum juga bisa difungsikan secara maksimal.      

"Insya Allah pengoperasian terminal regional dilakukan sebelum lebaran Idul Fitri tahun ini. Tapi secara bertahap dan buat sementara hanya untuk angkutan Antarkota Antarprovinsi (AKAP) dulu," ujar Supian. (hni/al/ram/jos/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News