Ternyata, Batam juga Punya Motif Batik

Ternyata, Batam juga Punya Motif Batik
MOTIF - Yuspiq memperlihatkan beberapa motif batik Batam yang telah dipatenkan itu, di rumahnya, Tiban Kampung, Batam, Kamis (1/10). Foto: Wijaya Satria/Batam Pos.
BATAM -- Barangkali belum banyak yang tahu bahwa Batam juga punya motif batik tersendiri. Berbeda dengan batik Jawa yang didominasi motif bunga, wayang, dan dedaunan, batik di daerah kepulauan itu berciri khas bergambar biota laut dan Jembatan Barelang. Motif ini merupakan jenis baru, karena sebelumnya belum pernah daerah lain ataupun negara lain, menggunakan ciri tersebut.

Yuspiq, pemilik usaha batik Batam di kawasan Tiban Kampung RT 1 RW 3 Sekupang kepada JPNN kemarin menjelaskan, batam mempunyai 10 motif batik yang kini menjadi kebanggaan. "Biota laut seperti gonggong, udang dan jembatan Barelang yang menjadi ciri khas Batik Batam," ujar Yuspiq.

Pria 46 tahun mengisahkan sudah ada 10 motif hasil ciptaannya sendiri yang kini terdaftar di Hak Kreatif Intelektual (HAKI) dan sudah dipatenkan menjadi sepenuhnya milik Pemerintah Kota Batam pada 28 November 2008 lalu. Ke 10 motif tersebut yakni awan larat, sifut gonggong, bunga sekat mayang terurai, sifut gonggong bunga semayang, bunga sekat dara merajok, renjong bersusun, bunga kundur awan menjulang, perio kere sulur bekait dan bunga hutan. Seluruh motif ini dilatarbelakangi seluruh tumbuhan dan hewan yang ada di Batam, seperti bunga sekat atau benalu duduk rusa, dan bunga kantung semar atau sebutan priuk kera.

Ditanya mengenai apa yang menjadi kelebihan batik ini dari kain batik pada umumnya yang berasal dari Jawa, dia menjelaskan, batik Batam menggambarkan bagaimana keindahan alam di Batam mulai dari hutannya hingga wisata dan kuliner lautnya. "Pokoknya orang memakai batik Batam, pasti orang lain akan bertanya motif batik seperti ini berasal dari mana? dan jawabannya adalah Batam. Kita punya trend ada satu objek yang ditonjolkan dalam kain, dan motif seperti itu belum pernah ada sebelumnya di Jawa," kata Yuspiq bangga.

BATAM -- Barangkali belum banyak yang tahu bahwa Batam juga punya motif batik tersendiri. Berbeda dengan batik Jawa yang didominasi motif bunga,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News