Ternyata Harta Puti Guntur Soekarno Paling Sedikit

Ternyata Harta Puti Guntur Soekarno Paling Sedikit
Puti Guntur Soekarno. Foto: Andi Satria/Radar Surabaya/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Berdasar laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKN) yang disampaikan ke KPK, bakal cagub Jawa Timur Saifullah Yusuf merupakan kandidat terkaya di Pilgub Jatim.

Kekayaan total yang dilaporkan kepada KPK pada 5 Januari 2018 adalah Rp 25,5 miliar. Jika dibandingkan dengan laporan pada 2014, kekayaan wakil gubernur Jatim dua periode itu meningkat cukup banyak, sekitar Rp 11,9 miliar.

Pada 2014 total kekayaannya hanya Rp 13,6 miliar dan USD 5.000 (Rp 65 juta jika USD 1 setara Rp 13 ribu).

Lain lagi dengan Khofifah Indar Parawansa. Berdasar laporan pada 15 Januari 2018, kekayaan mantan menteri sosial itu sebesar Rp 23,5 miliar atau sekitar Rp 2 miliar di bawah Gus Ipul –sapaan Saifullah Yusuf.

Berbeda dengan Gus Ipul yang makin kaya, harta Khofifah ternyata merosot drastis jika dibandingkan dengan 2014.

Dalam laporan ke KPK pada 13 November 2014, kekayaan Khofifah mencapai Rp 36,3 miliar. Artinya, selama hampir empat tahun, harta Khofifah merosot sekitar Rp 12,8 miliar.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, belum semua data LHKPN terbaru peserta pilkada Jatim di-input. Berdasar website KPK, baru tiga kandidat yang LHKPN-nya sudah terverifikasi. Yakni Gus Ipul, Khofifah, dan Puti Guntur Soekarno.

Bagaimana Emil Elestianto Dardak? Menurut Febri, Emil sejatinya sudah melaporkan LHKPN secara online. Hanya, data kekayaan Emil saat ini sedang berada dalam tahap verifikasi administrasi teknis.

Harta Puti Guntur Soekarno paling sedikitHarta cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa hanya selisih sekitar Rp 2 miliar dibanding Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News