Ternyata Idham Aziz Punya Gaya Sama dengan Tito Karnavian

Ternyata Idham Aziz Punya Gaya Sama dengan Tito Karnavian
Irjen Idham Azis (dua kiri). Foto: Elfany Kurniawan/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Kabareskrim Polri Komjen Idham Aziz sebagai calon tunggal Kapolri yang ditunjuk Presiden Jokowi dinilai memiliki kapasitas dan kompetensi untuk memimpin Polri. Sebab, Komjen Idham Aziz memiliki style atau gaya memimpin seperti mantan Kapolri Jenderal (Purn) Tito Karnavian.

Pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISEES) Bambang Rukminto mengatakan Idham memiliki latar belakang kesatuan yang sama di kepolisian dengan Tito Karnavian.

“Bahwa background-nya dari satuan-satuan tugas itu juga memengaruhi terhadap style dalam memimpin. Pak Idham Aziz dari Bareskrim dan kebetulan juga pernah di Densus, ini mengikuti jejak dari Pak Tito. Saya rasa dengan background yang seperti itu kebijakan-kebijakannya juga tidak akan pernah lepas dengan style yang sama dengan Pak Tito," kata Bambang kepada wartawan, Senin (28/10).

Menurut Bambang, penunjukan Idham sebagai calon tunggal Kapolri tidak terlepas dari Tito. Dia menilai Tito yang saat ini menjabat sebagai Mendagri ingin memastikan kebijakannya sebagai Kapolri dapat diteruskan.

“Di mana, Pak Tito ingin memastikan bahwa kebijakan-kebijakannya akan diteruskan oleh pengganti yang sesuai dengan style beliau," paparnya.

Selain itu, kata Bambang, pemilihan calon Kapolri juga berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan oleh Dewan Jabatan dan Kepangkatan tinggi (Wanjakti) Polri. Dia mengatakan Wanjakti menilai Idham layak dan berkompeten untuk memimpin Polri ke depan.

"Pertanyaannya adalah jika Wanjakti sudah dilakukan, kenapa hanya muncul satu nama? Bahwa kemudian hanya muncul satu nama kemungkinan itu keputusan dari tubuh Polri," jelasnya.

Bambang menegaskan, penunjukkan Idham sebagai calon tunggal Kapolri oleh Presiden Jokowi kepada DPR sudah berdasarkan undang-undang yang berlaku. Menurutnya, DPR hanya melakukan fit and proper test terhadap calon Kapolri yang diserahkan presiden.

Kabareskrim Polri Komjen Idham Aziz sebagai calon tunggal Kapolri yang ditunjuk Presiden Jokowi dinilai memiliki kapasitas dan kompetensi untuk memimpin Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News