Ternyata Salah Satu Alquran Tertua dari Indonesia Berada di Sini

Ternyata Salah Satu Alquran Tertua dari Indonesia Berada di Sini
Salah satu alquran tertua dari Indonesia tersimpan dengan baik di museum Ahmadiyah Islamiyah, Provinsi Narathiwat, Thailand. Foto: ANTARA/Syaiful Hakim

jpnn.com, NARATHIWAT - Alquran tertua asal Indonesia masih tersimpan dengan baik di museum Ahmadiyah Islamiyah, Provinsi Narathiwat, Thailand.

"Alquran tertua dari Indonesia yang ada di museum Ahmadiyah Islamiyah selesai ditulis pada 1634. Penulisnya Syekh Nuruddin Mohammad Hamid Roniri, yang berasal dari ujung Indonesia, Samudra Pasai," kata Ketua Yayasan Pondok Ahmadiyah Islamiyah Lutfee H Samea di sekolah Pondok Ahmadiyah Islamiyah, Narathiwat, Thailand, Rabu (4/9).

Menurut dia, terdapat sekitar 34 alquran yang berada di museum Ahmadiyah Islamiyah ini. Puluhan alquran itu tiba di Narathiwat ketika para ulama asal Indonesia berhijrah ke bagian selatan Thailand ratusan tahun yang lalu.

"Ada sekitar 34 alquran di museum ini. Pada ratusan tahun lalu orang Indonesia (Jawa) berhijrah ke Pattani," katanya.

BACA JUGA: Ratusan WNA Datang ke Sini Demi Belajar Agama Islam

Pattani adalah salah satu provinsi di Thailand yang bersebelahan dengan Narathiwat, merupakan 'Serambi Mekkah'.

Menurut dia, lantaran banyak alquran kuno yang ada di museumnya, maka pihaknya menjalin kerja sama dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, untuk melakukan penelitian.

"Kami juga bekerja sama dengan Taman Mini. Kami membuat penelitian 34 alquran ini. Ada tiga sampai empat orang dari TMII datang kemari untuk riset," tutur Lutfee.

Untuk menjaga alquran tertua itu tidak rusak, pihak museum mempekerjakan beberapa orang warga negara Turki, Malaysia dan Thailand.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News