Terobosan Keren Bupati Kukar Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Terobosan Keren Bupati Kukar Dongkrak Kunjungan Wisatawan
Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari bersama suaminya, Endri Elfan Syarif memperlihatkan gembok cinta yang akan dipasang di Jembatan Repo-repo. Foto: pojoksatu

jpnn.com - KUKAR - Ada terobosan keren yang patut diacungi jempol dari Rita Widyasari, Bupati Kutai Kartanegera (Kukar), Kaltim. Dia meresmikan jembatan untuk jalan kaki yang menghubungkan Kukar dengan Pulau Kumala, delta yang berada di tengah-tengah sungai Mahakam itu. 

Penghubung yang langsung ngetop dan tempat strategis anak-anak muda mangkal di atas bentang sungai itu dia namai Jembatan Repo-Repo.

"Jembatan ini diharapkan mampu mendongkrak wisatawan ke Pulau Kumala sekaligus menjadi lahan untuk mendapatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah). Ke depan, Kukar tidak lagi mengandalkan sektor migas dan batubara, yang harganya cenderung turun dan potensi nya beransur-ansur menurun setiap tahun. Kami mulai mengandalkan sektor pariwisata," ujar Rita.

Apa arti Repo-Repo itu? Bahasa Kutai, maksudnya adalah gembok. Mungkin terinspirasi dengan “gembok cinta” yang menghias jembatan penyeberangan di Sungai Siene Paris, dan Sungai Moscow di ibu kota Rusia.

"Awalnya saya mau menamakan jembatan cinta tapi saya pikir-pikir, itu kok sama dengan jembatan yang di Paris. Kok sepertinya sudah habis ide dan kreativitas saja? Harus mencontek mentah-mentah. Lalu saya pakai bahasa Kutai, tercetuslah repo-repo yang artinya gembok," ujar Rita.

Usai memotong pita, Bupati Rita dan Wakil Bupati Edi Damansyah, secara simbolis seluruh pejabat unsur Muspida Kukar memasang gembok cinta, tepat di tengah-tengah jembatan repo-repo. Pulau Kumala memiliki beberapa wahana Pariwisata. Seperti go kart, kuda-kudaan, menyelam, memancing di pulau yang indah tersebut.

Selain itu, Rita juga juga meninjau kampung bahasa Inggris tepatnya English Island di Lamin Etam.

Didampingi ratusan ratusan pelajar Tenggarong, perkampungan tersebut menarik karena berada di tengah-tengah Pulau Kumala. Selain itu, Pulau Kumala juga memiliki pemancingan yang letaknya di eks resort Kumala. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News