Terpilih Lewat Cara Curang, Presiden Belarusia Dilantik Diam-Diam

Terpilih Lewat Cara Curang, Presiden Belarusia Dilantik Diam-Diam
Diktator yang telah menguasai Belarusia selama 26 tahun, Presiden Aleksandr Lukashenko. Foto: Reuters

jpnn.com, MINSK - Presiden Alexander Lukashenko dari Belarusia dilantik untuk masa jabatan baru dalam sebuah upacara tertutup pada Rabu (23/9). Pelantikan tersebut dikecam sebagai tidak sah oleh oposisi, yang menilai hasil pemilu penuh kecurangan.

Upacara mendadak tersebut menyusul sengketa pemilihan pada 9 Agustus di mana Lukashenko mengklaim kemenangan telak.

Oposisi menuduhnya melakukan kecurangan besar-besaran dan telah melakukan protes massal selama lebih dari enam minggu menuntut pengunduran Presiden tersebut. Amerika Serikat dan Uni Eropa tengah menyusun sanksi terhadap para pejabat yang terlibat dalam pemilihan dan tindakan keras setelahnya.

Kantor berita resmi Belta mengatakan Lukashenko meletakkan tangan kanannya di atas salinan konstitusi dan mengucapkan sumpah jabatan pada sebuah upacara yang dihadiri oleh beberapa ratus orang.

Desas-desus beredar di Minsk bahwa pemimpin berusia 66 tahun, yang berkuasa sejak 1994 itu, sedang mempersiapkan upacara pelantikan mendadak ketika iring-iringan mobil melewati pusat ibu kota pada Rabu pagi.

Seorang politisi oposisi, Pavel Latushko, mengatakan pelantikan itu seperti pertemuan rahasia para pencuri.

"Di mana warga yang bergembira? Di mana korps diplomatik?" ucapnya dalam unggahan di media sosial. "Jelas sekali bahwa Alexander Lukashenko secara eksklusif adalah presiden bagi OMON (polisi anti huru hara) dan segelintir pejabat yang berbohong."

Latushko pun menyerukan "indakan pembangkangan sipil yang tidak terbatas.

Presiden Alexander Lukashenko dari Belarus dilantik untuk masa jabatan baru dalam sebuah upacara tertutup pada Rabu (23/9)


Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News