Tersedak Bisa Jadi Penyebab Kematian, Begini Mengatasinya

Tersedak Bisa Jadi Penyebab Kematian, Begini Mengatasinya
Ilustrasi tersedak. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Dokter spesialis paru-paru Dr dr Agus Dwi Susanto tak menampik, tersedak bisa menjadi salah tu penyebab kematian seseorang.

Menurut dia, hal itu dikarenakan masuknya benda asing hingga menyumbat saluran pernapasan.

"Akibat sumbatan yang terjadi itu menyebabkan seseorang itu sesak napas dan sulit bernapas. Bahkan kalau sumbatan total bisa menyebabkan asfiksia, sesak napas berat yang akhirnya seseorang yang tersedak tidak bisa napas sama sekali hingga akhirnya meninggal dunia karena saluran napas tersumbat," kata Dr dr Agus Dwi Susanto kepada ANTARA, Selasa (2/2)

Dokter Agus menjelaskan, oksigen yang dihirup masuk melalui ke dalam paru-paru melewati saluran pernapasan hingga kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh.

"Nah udara yang kita hirup ada salurannya, dari hidung kemudian masuk ke tenggorokan, kemudian masuk ke trakea, kemudian bronkus sampai ke tempat pertukaran oksigen," ujar dokter Agus.

"Bayangkan yang orang tersedak benda dan benda itu masuk saluran napas sampai terjadinya saluran itu mampet terutama di daerah trakea, bronkus itu kan saluran tunggal kalau dia mampet akhirnya oksigen enggak bisa lewat. Akhirnya orang enggak bisa napas," lanjutnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa orang yang tersedak harus segera mendapatkan pertolongan pertama untuk mengeluarkan benda asing masuk ke dalam saluran pernapasan tersebut.

"Misalnya kalau orang tersedak dewasa, bayi sama anak beda. Kalau dewasa itu pertolongan pertama bisa ditepuk-tepuk punggungnya, disuruh membungkuk supaya yang tersedak bisa keluar," tuturnya.

Tersedak bisa menjadi salah satu penyebab kematian, sebaiknya anda perlu tahu cara mengatasinya jika hal itu terjadi.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News