Tertinggi, Biaya Alpha BBM di Maluku dan Papua

Jabar-Bodebek Terendah

Tertinggi, Biaya Alpha BBM di Maluku dan Papua
Tertinggi, Biaya Alpha BBM di Maluku dan Papua
JAKARTA — Biaya distribusi dan margin (alpha, red) BBM yang diusulkan BPH Migas untuk Indonesia bagian Timur lebih tinggi dibanding bagian barat. Pertimbangannya biaya yang ditimbulkan di masing-masing wilayah Distribusi Niaga (WDN) berbeda-beda. Semakin ke timur dan jangkauannya lebih sulit, alphanya kian meningkat.

Kepala BPH Migas Tubagus Haryono, dengan pemetaan WDN akan memudahkan penentuan alpha BBM. Misalnya jika di WDN XIII dan XIV yang meliputi Maluku, Papua bagian Utara dan Selatan biayanya akan lebih tinggi dibanding WDN V di bagian Jabar serta Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek).

"Kalau alpha BBM di Maluku dan Papua Utara sudah Rp 1.384 per liter, sedangkan di Bodebek dan Jabar hanya Rp 593 per liter," cetus Tubagus saat RDP dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (11/2).

Lebih lanjut dikatakan, untuk WDN I yang meliputi Pantai Utara Sumatera Bagian Barat alphanya Rp 759 per liter, WDN II Pantai Utara Sumatera Bagian Timur alphanya Rp 658 per liter, WDN III Sumatera Bagian Selatan dan Kalbar alphanya Rp 568 per liter.

JAKARTA — Biaya distribusi dan margin (alpha, red) BBM yang diusulkan BPH Migas untuk Indonesia bagian Timur lebih tinggi dibanding bagian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News