Terumbu Karang di Kalsel Rusak Berat

Terumbu Karang di Kalsel Rusak Berat
Terumbu Karang di Kalsel Rusak Berat
BANJARMASIN – Terumbu karang Kalsel memang sangat memprihatinkan. Rusak berat, menghitam dan tak lagi menjadi tempat ikan mencari makan. Dua bupati di dua kabupaten yang memiliki zona terumbu karang terbaik di Kalsel, yaitu Tanah Bumbu dan Kotabaru akan dipanggil untuk dimintai komitmen menjaga terumbu karang dari “ancaman” Pelsus dan aktivitas tambang.

 

Diprediksi sekitar 530 hektare areal terumbu karang di pesisir laut Kalsel sudah rusak berat akibat sedimentasi dari aktivitas pelabuhan khusus dan pencucian tongkang batubara di laut.

 

Keadaan seperti ini sudah terjadi di Teluk Bunati, di kabupaten Tanah Bumbu, yang ternyata masuk dalam kawasan segitiga terumbu karang terbaik dunia. Selain di Tanah Bumbu, terumbu karang yang indah juga terdapat di kabupaten Kotabaru. Khususnya di daerah Pulau Laut Barat dan Pulau Kunyit, Pulau Laut Selatan dan Tanjung Seloka.

“Di akhir tahun ini kita akan coba panggil bupati Tanah Bumbu dan Kotabaru ke DPRD Kalsel. Kita minta mereka langsung datang dan menyatakan komitmen secara resmi untuk menjaga terumbu karang yang tersisa,” kata Ketua Pansus Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pengawasan Terumbu Karang DPRD Kalsel, Rahmat Nopliardy.

 

BANJARMASIN – Terumbu karang Kalsel memang sangat memprihatinkan. Rusak berat, menghitam dan tak lagi menjadi tempat ikan mencari makan. Dua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News