Terungkap, Dua Modus Teller Bank BRI Bobol Uang Nasabah Rp 2,3 Miliar

Terungkap, Dua Modus Teller Bank BRI Bobol Uang Nasabah Rp 2,3 Miliar
Teller Bank BRI bobol uang nasabah. Ilustrasi Foto: dok JPNN.com

jpnn.com, MAKASSAR - Teller bank BRI bernama Rika Dwi Merdekawati alias Rika Binti Bachrum Hamid (28) berhasil membobol uang nasabah sebesar Rp2,3 miliar. Aksi pembobolan uang nasabah dilakukan selama delapan bulan.

Kecurangannya terbongkar saat BRI Unit Toddopuli Cabang  Panakkukang Makassar tempatnya bekerja, memutasinya. Pembukuan yang dilakukannya selama ini, berbeda dengan penggantinya.

Melihat ada kejanggalan, pihak BRI melaporkan Rika ke Polda Sulsel, 17 Januari lalu. Polisi bergerak cepat. Saat berada di lobi salah satu hotel di Jl Daeng Patompo, Sabtu, 26 Januari, Rika ditangkap.

Posisinya di bank pelat merah memungkinkan Rika menilap dana nasabah. Dia bertugas sebagai teller alias kasir.

Perempuan kelahiran Ujung Pandang, 19 Agustus 1990 itu menjalankan aksi culasnya dengan dua modus. Salah satu modusnya dengan membedakan catatan transaksi yang masuk di sistem bank dengan bukti transaksi yang dipegang nasabah.

Rika mengambil dana nasabah dengan memalsukan tanda tangan pada slip penarikan. Dia kemudian menginput nominal sesuai slip palsu untuk menarik dana pada sistem BRINET milik BRI.

Slip penarikan itulah yang disimpan di kantor unit sebagai bukti kas penarikan tunai. Dana yang ditilap dari sistem lebih besar dari jumlah uang yang ditarik nasabah.

BACA JUGA: Pencuri Aneh,Tak Ambil Uang Hanya Bawa Lari Mesin ATM

Rika Dwi Merdekawati, perempuan teller bank BRI, membobol uang nasabah sebanyak Rp2,3 miliar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News