Terungkap, Ini Alasan Gubernur Herman Deru Tak Izinkan Lahan Gambut Dialihfungsikan, Salut!

Terungkap, Ini Alasan Gubernur Herman Deru Tak Izinkan Lahan Gambut Dialihfungsikan, Salut!
Gubernur Sumsel Herman Deru saat menghadiri Pameran Hasil Produk Unggulan Restorasi Gambut 2023 yang berlangsung di Palembang Indah Mall (PIM), Sabtu (23/9) siang. Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Komitmen Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menjaga kelestarian lahan gambut seluas 1,3 juta hektare agar tidak rusak tidak perlu diragukan.

Buktinya, selama menjabat sebagai Gubernur Sumsel selama hampir lima tahun, Herman Deru mengeklaim belum pernah memberikan izin sejengkal pun lahan gambut untuk dialihfungsikan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Herman Deru saat menghadiri Pameran Hasil Produk Unggulan Restorasi Gambut 2023 di Palembang Indah Mall (PIM), Sabtu (23/9) siang.

Menurut Herman Deru, lahan gambut tidak hanya memiliki potensi musibah, namun juga bisa menjadi mata pencaharian warga jika dikelola dengan bijak.

Untuk itu, dia mengajak bupati dan wali kota di 7 kabupaten/kota se-Sumsel yang memiliki lahan gambut cukup luas untuk berkomitmen mengelola lahan tersebut secara produktif dengan tidak merusaknya.

"Ayo sama-sama cari solusi dan inovasi agar ini tidak dijadikan kebun sawit, tetapi dikelola dengan produktif sehingga dapat menghasilkan produk unggulan. Kalau saya dari dulu memang sudah komitmen tidak satu jengkal pun lahan gambut boleh dialihfungsikan," tegas Gubernur Herman Deru.

Sejak awal menjadi gubernur, Herman Deru mengaku cukup selektif dalam memilih investasi yang masuk di lahan gambut.

Dia menegaskan terus berkomitmen menjaga alam sebaik mungkin, terutama gambut mengingat banyak sekali manfaatnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengungkapkan alasan dirinya sejak menjabat tidak mengeluarkan izin lahan gambut dialihfungsikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News