Terungkap! Ini Tiga Penyebab Jakarta Terancam Tenggelam

Terungkap! Ini Tiga Penyebab Jakarta Terancam Tenggelam
Kawasan pesisir Ancol di Jakarta Utara, Selasa (28/9/2021). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

jpnn.com, JAKARTA - Isu pemanasan global telah mengemuka di beberapa tahun terakhir. Salah satu dampak yang mengancam yaitu tenggelamnya pesisir utara Jaw. Termasuk Jakarta terancam tenggelam.

Menurut Eddy Hermawan, Profesor Riset pada Pusat Riset Sains dan Teknologi Atmosfer - Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, isu tenggelamnya Jakarta sudah mengemuka sejak 2008 jauh sebelum pernyataan Joe Biden.

“Penyataan Joe Biden bahwa  Indonesia harus memindahkan ibu kotanya, karena akan berada di berada di bawah air tentu menjadi perhatian media massa,” ujarnya di Jakarta, Rabu (6/10).

Dia mengasumsikan terdapat tiga faktor utama tenggelamnya Jakarta, yaitu meningkatnya sea level rise (SLR), menurunnya land subsidance (LS), dan adanya faktor lokal (daerah rawa/dataran rendah). 

Menurut Prof Eddy langkah bijak yang harus dilakukan untuk menyikapi prediksi tenggelamnya Jakarta yaitu dengan menyiapkan skenario berbasis penggabungan SLR dan LS dengan berbagai kombinasi data SLR dan LS menggunakan teknik spasial temporal analysis.

Tak hanya itu Eddy juga mengingatkan beberapa daerah di Indonesia juga terancam tengggelam.

“Masyakarat harus seoptimal mungkin mencegah kerusakan lingkungan serta mempertimbangkan pembuatan bitting gesik dan hutan mangrove, karena telah terbukti cukup efektif dalam meredam laju masuknya rob ke daratan,” imbuhnya.

Selaras dengan pendapat Eddy, Robert Delinom, Profesor Riset bidang Geoteknologi-Hidrologi Air Tanah BRIN mengungkapkan penyebab amblesan tanah di Jakarta disebabkan empat faktor.

Profesor Riset di BRIN mengungkapkan sejumlah daerah di Indonesia termasuk Jakarta terancam tenggelam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News