Terus Angkat Potensi Desa Migas Wonocolo

Terus Angkat Potensi Desa Migas Wonocolo
Lokasi wisata Migas. FOTO: dokpri

jpnn.com - Potensi Desa Wisata Migas Wonocolo yang ada di Kabupaten Bojonegoro terus digalakkan. Salah satunya dengan mengajak tokoh masyarakat mengunjungi lokasi tersebut. Belum lama ini giliran Tim Manajemen SKKMigas beserta Kontraktor Kontrak Kerjasama, dan Forum Pemred yang datang ke sana.

“Bagi Anda yang ingin tahu sejarah perminyakan di Indonesia, Wonocolo merupakan salah satu tempat yang layak untuk dikunjungi. Sudah lebih dari seabad sumur minyak tradisional di wilayah Desa Wonocolo, Kabupaten Bojonegoro dikelola oleh masyarakat setempat”, ujar Amien Sunaryadi Kepala SKKMigas saat ditemui di Wonocolo.

Amin menambahkan bahwa mayoritas warga Desa Wonocolo bergantung hidup pada kelangsungan sumur minyak tradisional tersebut. “Namun demikian, secara alami produksi minyak pasti akan mengalami penurunan, sehingga suatu saat tidak dapat diproduksikan kembali”, jelasnya.

Aktivitas warga dalam mengelola sumur minyak tersebut menjadi hal unik yang berpotensi menjadi daya tarik wisata daerah setempat.  

“Untuk menjaga keunikan local heritage disini, PT Pertamina EP bersama SKKMigas dan Pemda Bojonegoro serta dari seluruh stakeholder mencoba membuat sebuah desa wisata migas yang kami beri nama Petroleum Geoheritage Wonocolo", ujar Wisnu Hindadari, Asset 4 General Manager.

Lebih lanjut, Wisnu menjelaskan bahwa pendirian Petroleum Geoheritage Wonocolo ini juga didasari oleh keunikan yang dimiliki oleh struktur geologi di Desa Wonocolo ini.

"Disini masyarakat diajak melihat langsung penambangan tradisional yang eksotik, dengan keberadaan tiang penyangga kayu dan dioperasikan secara tradisional. Selain itu ada trek untuk jeep, motor trail, dan sepeda", ujar Wisnu.

Sementara itu, President Director PT Pertamina EP Rony Gunawan yang turut hadir dalam kegiatan tersebut berpendapat bahwa Desa Wisata Migas di Wonocolo ini sangat menarik.

Potensi Desa Wisata Migas Wonocolo yang ada di Kabupaten Bojonegoro terus digalakkan. Salah satunya dengan mengajak tokoh masyarakat mengunjungi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News