Tes Cepat Dimulai, Tempat Karantina Telah Tersedia

Tes Cepat Dimulai, Tempat Karantina Telah Tersedia
Presiden Jokowi beberapai kali mengimbau masyarakat melakukan social distancing untuk mencegah penyebaran virus corona, COVID-19. Ilustrasi Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan tes cepat (rapid test) virus Corona kepada masyakarat luas dimulai sejak Jumat (20/3). Sejalan dengan itu, rumah sakit dan fasilitas karantina darurat juga sudah tersedia untuk menampung masyarakat yang positif virus tersebut.

"Pemerintah sedang mempersiapkan infrastruktur-infrastruktur pendukung yaitu rumah isolasi dan rumah sakit. Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan rumah sakit darurat Covid-19 dan juga sebagai rumah isolasi pada Sabtu malam, 21 Maret 2020," kata Jokowi dalam konferensi pers melalui telekonferensi.

Jokowi juga menilai Pulau Sebaru dan Pulau Galang tengah disiapkan untuk menjadi ruang karantina dan observasi. Khusus Pulau Galang yang terletak di Kepulauan Riau, kata Jokowi, akan selesai dibangun pada Sabtu (28/3).

"Kapasitas rumah sakit rujukan akan terus ditingkatkan dan ditambah. Baik dari sisi ruang, sisi peralatan dan SDM. Rumah sakit TNI, Rumah Sakit Polri dan Rumah Sakit BUMN yang ada di daerah-daerah terinfeksi juga telah disiapkan sebagai RS Covid-19," kata Jokowi.

Bukan hanya itu, Jokowi juga mengajak rumah sakit swasta untuk berpartisipasi dalam menanggulangi virus Corona ini. (tan/jpnn)

Presiden Joko Widodo mengatakan tes cepat (rapid test) virus Corona kepada masyakarat luas dimulai sejak Jumat (20/3). Sejumlah tempat karantina juga telah disiapkan.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News