Tes CPNS Hingga Pengumuman Butuh Waktu Sebulan

Tes CPNS Hingga Pengumuman Butuh Waktu Sebulan
Tes CPNS dengan sistem CAT. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Lamanya pengumuman kelulusan CPNS menjadi tanda tanya besar di kalangan masyarakat.  Peserta tes curiga ada permainan. Pasalnya, tes sudah dilakukan 2014.

"Hasil TKD Aceh Singkil belum juga diumumkan, padahal kami sudah lama dites. Di daerah juga tidak dicantumkan nilai masing-masing peserta setelah tes dilaksanakan," ungkap salah satu peserta tes di Aceh Singkil yang menghubungi JPNN.

Terhadap hal ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPaN-RB) Yuddy Chrisnandi menjelaskan, ada proses panjang sehingga hasil tes diumumkan.

Dikatakan, sistem Computer Assisted Test (CAT) yang digunakan untuk tes kompetensi dasar (TKD) memang memudahkan peserta tes untuk mengetahui hasilnya. Namun masih ada mekanisme panjang sampai CPNS mengetahui dirinya terpilih atau tidak.

“Dari proses seleksi hingga pengumuman hasil tes CPNS itu bisa memakan waktu hingga 30 hari,” kata Yuddy di kantornya, Senin (2/2).
 
Jika seorang pelamar lulus TKD, nilainya harus diadu dengan nilai peserta lain yang memilih jabatan sama.

Di tahap ini, peserta memperoleh ranking dari instansi tempat peserta melamar formasi. Kalau hanya ada satu jabatan, sementara yang memenuhi passing grade lebih dari satu, selebihnya tentu tidak lolos.
 
"Selain itu dilakukan klarifikasi hasil peringkat untuk pilihan pertama dibanding pilihan kedua atau ketiga, lokasi atau unit penempatan formasi," ucapnya.

Setelah itu, kalau ada instansi yang melakukan tes kompetensi bidang (TKB), nanti nilainya digabungkan lagi dengan hasil TKD. Di sini biasanya yang dipanggil untuk mengikuti TKB rata-rata hanya tiga orang yang menempati rangking tertinggi.

"Meskipun sudah tahu nilai TKD, namun tidak otomatis hasilnya bisa ditentukan saat itu juga. Peserta yang lulus akan dipanggil untuk pemberkasan sampai keluarnya Nomor Induk Kepegawaian (NIK)," paparnya. (esy/jpnn)

JAKARTA--Lamanya pengumuman kelulusan CPNS menjadi tanda tanya besar di kalangan masyarakat.  Peserta tes curiga ada permainan. Pasalnya, tes

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News