Tetap Sehat dan Aktif di Usia Senja dengan Cara Ini

Tetap Sehat dan Aktif di Usia Senja dengan Cara Ini
Ilustrasi lansia. Foto: Radar Semarang/JPNN

jpnn.com - Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penuaan. Hal tersebut terlihat dari munculnya kerutan halus di wajah, timbulnya uban hingga perubahan bentuk tubuh lainnya.

Meski usia terus bertambah, Anda tetap harus menjaga kesehatan. Penuaan, sehat, dan aktif merupakan proses untuk mencapai kesejahteraan baik fisik, mental dan sosial sepanjang hidup seseorang, khususnya mereka di usia senja.

Berikut ini beberapa kiat mudah untuk membantu Anda tetap aktif di usia senja, seperti dilansir laman Guide Post.

1. Perhatikan postur tubuh Anda

Postur bisa menjadi tanda merah yang menandakan hilangnya mobilitas. Postur tubuh yang tidak sempurna/tepat menunjukkan kurangnya fungsi pinggul dan tulang belakang.

Fleksibilitas juga penting. Kita akan kehilangan elastisitas seiring bertambahnya usia sehingga untuk melawan penurunan fleksibilitas Anda harus menjadi aktif

Untuk melawan kehilangan mobilitas ini, sebaiknya Anda melakukan beberapa latihan spesifik.

Menggunakan bola latihan antara punggung dan dinding, lakukan jongkok. Bahkan yoga dimungkinkan bagi manula di bawah bimbingan seorang guru profesional.

Meski usia terus bertambah, Anda tetap harus menjaga kesehatan. Penuaan, sehat, dan aktif merupakan proses untuk mencapai kesejahteraan baik fisik dan mental.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News