Tetap Semangat! Ini 7 Kiat Berinvestasi di Kala Pandemi

Tetap Semangat! Ini 7 Kiat Berinvestasi di Kala Pandemi
Ilustrasi uang rupiah. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Konsultan Perencanaan Keuangan Eko P. Pratomo mengingatkan masyarakat untuk tetap berinvestasi di masa pandemi.

Tujuannya yakni agar tetap memiliki tabungan yang cukup untuk menghadapi ancaman krisis lainnya yang disebabkan oleh pandemi.

"Harus hati-hati tapi jangan lupa melakukan investasi meskipun di masa pandemi," ujar Eko dalam diskusi bertajuk 'Boleh Hati-Hati, tapi Tetap Investasi' di media center KPCPEN belum lama ini.

Untuk itu, Eko memberi tujuh kiat yang bisa dilakukan oleh masyarakat dalam melakukan investasi di tengah pandemi saat ini.

"Masyarakat harus tetap tenang dalam melakukan tujuh hal terkait dengan investasi di saat ini. Mengingat, dengan ketenangan dapat membuat rasionalitas seseorang tetap terjaga dalam menganalisa potensi suatu investasi," serunya.

Pertama, membangun dana darurat kembali, meskipun di tengah pandemi saat ini. Adanya peristiwa penyebaran Covid-19, membawa pelajaran bagi seluruh insan bahwa, setiap individu harus memiliki dana darurat untuk menghadapi berbagai persoalan yang berpotensi terjadi secara mendadak.

"Kita tidak tahu apa yang terjadi di depan, jadi mulai hari ini persiapkan dana darurat," imbuhnya.

Dua, lakukan penganggaran ulang secara mendetail pada setiap pengeluaran maupun pemasukan di masa pandemi. Upayakan setiap pengeluaran dilakukan dengan cermat dan sesuai kebutuhan saat ini. Jangan sampai terjebak dengan tindakan konsumtif yang sia-sia.

Ingat, harus tetap berhati-hati tapi jangan lupa melakukan investasi meskipun di masa pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News