Thailand Pakai Robot Ninja Layani Pasien Corona

Thailand Pakai Robot Ninja Layani Pasien Corona
Ilustrasi tenaga medis menangani pasien yang terjangkiti virus corona. Foto: Reuters

jpnn.com, BANGKOK - Rumah sakit di Thailand punya cara jitu melindungi petugas medis mereka dari paparan virus corona (covid-19), dengan mengerahkan "robot ninja".

Robot ninja awalnya dibuat untuk memantau pasien stroke saat pemulihan. Namun, robot itu kini punya tugas ganda untuk mengecek suhu tubuh pasien di rumah sakit.

Saat ini, robot itu sudah "bekerja" di empat rumah sakit Bangkok.

Keberadaan robot itu dapat mencegah penularan dari pasien kepada petugas medis.

Cara kerjanya, robot ninja akan memeriksa suhu tubuh pasien. Setelah hasilnya keluar, dokter atau suster akan muncul melalui video untuk menanyakan keluhan yang diderita pasien.

"Mereka (doktor) dapat berdiri di ruangan lain, dan tetap berkomunikasi dengan pasien melalui robot," kata Viboon Sangveraphunsiri dari Chulalongkorn University, dilansir AFP, Kamis.

Robot ninja akan mengemban tugas lain dalam waktu dekat, antara lain membawa makanan, obat-obatan dan memberikan disinfektan untuk ruangan yang telah ditempati pasien corona.

Tim teknis yang mengembangkan robot ninja akan membuat lebih banyak robot untuk 10 rumah sakit lain di Thailand. (antara/jpnn)

Rumah sakit (RS) di Thailand memanfaatkan robot ninja untuk melindungi petugas medis dari paparan virus corona (covid-19).


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News