Tidak Ada Kabupaten/Kota Raih Nilai A

Tidak Ada Kabupaten/Kota Raih Nilai A
PNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) setiap tahunnya melaksanakan evaluasi implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Hal ini untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah.

Hasilnya, ternyata belum ada perubahan signifikan yang dirasakan pada wilayah III.

"Dari rekomendasi perbaikan yang kami berikan tahun lalu, belum ada perubahan signifikan," ujar Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan III, Kemenpan-RB, Naptalina Sipayung saat acara penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja (LHE AKIP) se-Wilayah III di Yogyakarta, Senin (6/2).

Untuk wilayah regional III Indonesia, dievaluasi 156 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Berbeda dengan penyerahan LHE AKIP di Bandung dan Surabaya yang menempatkan masing-masing satu peraih predikat A, kali ini tidak ada Kabupaten/kota yang mendapat nilai A.

Napatalina menilai pengimplementasian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) sangat dipengaruhi komitmen pimpinan.

"Rendahnya komitmen pimpinan, sangat mempengaruhi lambatnya akuntabilitas," ujarnya.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) setiap tahunnya melaksanakan evaluasi implementasi Sistem Akuntabilitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News