Tidak Ada Lagi Jalur Bus yang Macet hingga 10 Jam

Tidak Ada Lagi Jalur Bus yang Macet hingga 10 Jam
MONOREL - Jalan layang monorel yang menghubungkan Makkah-Arafah, yang sedang dibangun oleh para pekerja asal Tiongkok. Foto: M Nasaruddin Ismail/Jawa Pos.
Jika tidak ada aral melintang, tahun depan para jamaah haji sudah bisa menikmati fasilitas monorel dari Makkah ke Arafah. Proyek tersebut saat ini sedang dikebut. Berikut laporan wartawan Jawa Pos yang pekan lalu melihat dari dekat proyek itu.

Laporan M NASARUDDIN ISMAIL, Makkah

JARAK
Makkah menuju ke Arafah sebenarnya sekitar 22 kilometer. Pada hari-hari biasa (bukan saat pelaksanaan haji), waktu tempuhnya hanya 30 menit.

Namun, ketika musim haji tiba, jangan ditanyakan kemacetannya.  Untuk menempuh jarak yang hanya 22 kilometer itu dengan bus, waktunya bisa sampai 10 jam, bahkan lebih. Maklum, bus yang melaju saat musim haji tiba paling banter hanya mampu melaju dengan kecepatan 10?20 kilometer per jam. Itu pun masih sering berhenti.

Jika tidak ada aral melintang, tahun depan para jamaah haji sudah bisa menikmati fasilitas monorel dari Makkah ke Arafah. Proyek tersebut saat ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News