Tidak Ada Perpanjangan Masa Pendaftaran SNMPTN

Tidak Ada Perpanjangan Masa Pendaftaran SNMPTN
Siswa SMA. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hingga Selasa (6/3) pukul 20.00 WIB atau beberapa jam sebelum masa pendaftartan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) ditutup, jumlah pendaftar mencapai 583.130 siswa.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran maupun finalisasi pendaftaran SNM PTN.

Keterangan ini disampaikan oleh Sekretaris Panitia Pusat SNM PTN Joni Hermana. "Tidak (diperpanjang, red) mas. Majelis rektor PTN yang memutuskan," kata rektor ITS Surabaya itu tadi malam.

Joni mengatakan keputusan tidak ada masa perpanjangan itu sudah diambil. Dia menjelaskan keputusan itu diambil dalam rapat majelis rektor PTN Senin (5/3) lalu.

Panitia SNMPTN berharap seluruh siswa calon pendaftar tertib dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Dia menjelaskan panitia mengamati perkembangan pendaftaran tiap tahunnya. Hasilnya rata-rata yang mendaftar SNNPTN adalah 60 persen dari total siswa yang berhak (eligible) untuk mendaftar.

Tahun lalu ketika dibuka perpanjangan waktu, hasilnya pun tidak bertambah jumlah pendaftarnya.

"Kami berkesimpulan memang kenyataannya tidak semua siswa yakin akan diterima melalui jalur SNMPTN, jika pun mereka daftar," jelasnya.

Masa pendaftaran SNMPTN 2018 resmi ditutup dan tidak ada lagi perpanjangan waktu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News