Tidak Ada Team Order Honda di MotoGP Valencia

Tidak Ada Team Order Honda di MotoGP Valencia
Dani Pedrosa (depan) dan Marc Marquez. Foto: AFP

jpnn.com, VALENCIA - Rider Repsol Honda Marc Marquez hanya butuh finis di posisi ke-11 di MotoGP Valencia, 12 November nanti untuk mempertahankan gelar juara dunia. Tidak sulit, namun semuanya bisa saja terjadi.

Pada 2006 lalu, Valentino Rossi unggul delapan poin atas Nicky Hayden di klasemen pembalap saat akan memasuki seri terakhir dan penentuan di Valencia. Saat itu, semua orang juga menganggap bahwa perebutan juara dunia sudah selesai. Sama seperti perebutan gelar juara dunia 2017 akan memasuki GP Malaysia, Minggu lalu. Marquez memimpin 33 poin dari Dovizioso.

Sama seperti Hayden saat itu, Dovizioso membalikkan prediksi semua orang. Bedanya dengan dengan saat ini adalah Dovizioso belum menyelesaikan misi terakhirnya di Valencia. Sedangkan di akhir musim 2006, Hayden sukses merebut gelar MotoGP satu-satunya miliknya di tengah dominasi The Doctor.

Saat diwawancara penulis biografi Valentino Rossi, Mat Oxley, Dovizioso mengatakan, butuh sesuatu yang gila untuk menang di Valencia nanti. ''Kunci kemenangan itu banyak. Semua hal harus diletakkan pada tempatnya dan setelah itu kami mengatasi semua situasi yang mungkin terjadi,'' ucap Dovi.

Setidaknya, Dovi punya rekan satu tim Jorge Lorenzo yang berjanji akan membantunya di Valencia. Walaupun bantuan itu tidak akan membawa perbedaan yang terlalu besar.

Berbeda dengan kasus Hayden di musim 2006, jarak poin Marquez dengan Dovi terlampau jauh, 21 poin. Bahkan, jika Dovi hanya bisa finis runner up di Valencia dan Marquez gagal finis pun, rider Italia tak bisa merengkuh gelar juara dunia pertamanya. Karena Marquez akan tetap unggul satu poin.

Dalam situasi yang relatif mudah itu Marquez memastikan, Honda tidak akan memberlakukan team order. ''Di Valencia, tidak akan ada team order di dalam tim Honda,'' pastinya dilansir Autosport.

Menurutnya, team order terbaik adalah ketika Dani Pedrosa, rekan satu timnya di Repsol Honda, menang di Valencia. Marquez benar. Dengan Pedrosa memenangi GP Valencia mimpi Dovi buyar. Andai finis runner up Dovi hanya memperoleh 20 poin. Sedangkan selisih poinnya saat ini sudah 21. ''Dia (Pedrosa) harus memberikan 100 persen. Valencia adalah salah satu sirkuit terbaik untuk dia dan dia cukup cepat untuk bisa menang,'' terang Marquez.

Tak masalah buat Marc Marquez andai Dani Pedrosa juara di MotoGP Valencia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News