Tidak Mudah Kelola Demokrasi Sesuai Konstitusi

Tidak Mudah Kelola Demokrasi Sesuai Konstitusi
Tidak Mudah Kelola Demokrasi Sesuai Konstitusi
JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman mengatakan, tidak mudah mengelola demokrasi sesuai spirit konstitusi. Hal yang sama menurut Irman juga terjadi dihampir seluruh negara yang sedang berada difase transisi demokrasi.

"Krisis konstitusi, ditandai dengan sikap inkonsistensi pada konstitusi, telah jadi ciri dari proses berdirinya negara demokrasi," kata Irman Gusman saat menyampaikan pidatonya dalam acara Peringatan Hari Konstitusi, di gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/8).

Dalam perspektif NKRI, senator asal Sumatera Barat itu juga mengaku miris dengan fenomena inkonstitusional yang belakangan ini marak terjadi hingga tergerusnya nilai-nilai kebangsaan.

"Konflik Sampang yang baru saja terjadi memberi sinyalemen bahwa kerukunan serta keharmonisan antarumat beragama masih menjadi pekerjaan rumah bersama. Begitu pula dengan pelanggaran hukum, maraknya tindak pidana korupsi, eksploitasi sumber daya lokal secara destruktif yang tidak mempertimbangkan kelestarian alam dan keberlangsungan lingkungan bagi generasi berikutnya," tegas Irman.

JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman mengatakan, tidak mudah mengelola demokrasi sesuai spirit konstitusi. Hal yang sama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News