Tidak Semua Lulusan Cumlaude Bisa Ikut Jalur Khusus CPNS 2017

Tidak Semua Lulusan Cumlaude Bisa Ikut Jalur Khusus CPNS 2017
Tes CPNS sistem CAT. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah sudah membuka seleksi CPNS 2017, meski terbatas, yakni dua kementerian yang membuka pendaftaran.

Bagi lulusan cumlaude, peluangnya makin besar karena tahun ini dialokasikan 468 orang untuk menjadi CPNS lewat jalur khusus. Namun, tidak semua lulusan cumlaude bisa ikut jalur khusus ini.

"Tidak semua lulusan cumlaude bisa ikut. Ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi," kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana kepada JPNN, Sabtu (15/7).

Salah satu syarat utama adalah lulusan cumlaude dari PTN atau PTS terakreditasi A. Selain itu program studi (prodi) harus A.

"Jadi gak bisa kalau akreditasinya B karena ini sesuai usulan dari forum rektor tahun lalu," tegasnya.

Dengan ketentuan ini, lanjut Bima, untuk memaksa PTN dan PTS meningkatkan akreditasinya. Tidak boleh puas dengan kualitasnya.

"Kalau ingin lulusannya bisa masuk CPNS apalagi dari jalur khusus, perguruan tinggi harus meningkatkan kualitasnya. Kalau akreditasi B ya tingkatkan jadi A," terangnya.

Setelah lulus seleksi administrasi, lulusan cumlaude ini akan berkompetisi di antara mereka. Seleksi kompetensi dasar (SKD) dari lulusan cumlaude tidak dengan yang umum.

Pemerintah sudah membuka seleksi CPNS 2017, meski terbatas, yakni dua kementerian yang membuka pendaftaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News