JPNN.com

Tifatul rawan Di-Reshuffle

Rabu, 14 Juli 2010 – 11:35 WIB
Tifatul rawan Di-Reshuffle - JPNN.com
Tifatul rawan Di-Reshuffle

Tifatul Rawan Di-Reshuffle

Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi, meragukan reshuffle bakal terjadi sebelum Kabinet Indonesia Bersatu KIB Jilid II berusia satu tahun. Pada Oktober 2010 mendatang barulah KIB genap berusia satu tahun. Burhanuddin menginformasikan bahwa Presiden SBY selalu mengedepankan prinsip kinerja dan evaluasi sebagai dasar pertimbangan ketika hendak melakukan reshuffle. "Justifikasi empirisnya memang sudah disediakan UKP4 pimpinan Pak Kuntoro," kata Burhanuddin kemarin (13/7).

 

Meskipun demikian, lanjut Burhanuddin, masalah kinerja tersebut baru akan valid kalau setiap menteri menggunakan waktu setahun untuk membuktikan kinerjanya. Apakah kinerja Menteri baik atau buruk. "Kalau reshuffle kurang dari setahun, alasan kinerja menjadi tidak valid," ujar peneliti senior di Lembaga Survei Indonesia (LSI) tersebut. Burhanuddin menambahkan, persoalan kinerja memang akan dimunculkan di ruang evaluasi. Namun, tidak hanya itu, terdapat variabel lain dan perhitungan secara politis yang menjadi dasar apakah seorang menteri akan direshuffle atau tidak.

Menurut Burhanuddin, di antara tiga menteri yang mendapatkan rapor merah adalah Menkominfo Tifatul Sembiring. Tifatul paling berpotensi tergeser kalau SBY memutuskan untuk mereshuffle kabinetnya. Salah satu pemicunya adalah partai politik Tifatul berasal, yaitu PKS, dianggap tidak konsisten mendukung pemerintahan SBY-Boediono. Itu terbukti dalam sikap PKS atas kasus bailout Bank Century.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
farrel