Tiga Calon Sekda DKI Segera Ditentukan

Tiga Calon Sekda DKI Segera Ditentukan
Tiga Calon Sekda DKI Segera Ditentukan

jpnn.com - KEPUTUSAN calon sekretaris daerah (sekda) Pemprov DKI Jakarta yang akan dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tinggal menunggu waktu. Pasalnya Gubernur Joko Widodo (Jokowi) tengah mempertimbangkan tiga nama kandidat yang akan dikirim berdasarkan hasil tes seleksi yang diikuti oleh 15 orang pejabat eselon II.

Kendati belakangan ini muncul tiga nama calon sekda yang semakin menguat. Latar belakang kinerja dan kemampuan dalam mengemban tugas birokrasi menjadi pertimbangan bagi gubernur dalam menentukan calon sekda. Ketiga nama yang berpeluang diusulkan ke presiden itu yakni, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Arie Budiman, Walikota Jakarta Pusat Saefullah, serta Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono.

Beredar kabar santer juga tentang adanya dua nama yang juga berpotensi akan diusulkan sebagai kandidat birokrat nomor satu di Pemprov DKI Jakarta, yakni Kepala Inspektorat DKI Jakarta Franky Mangatas Panjaitan, serta Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Purba Hutapea.

Saat ini, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta telah memberikan hasil tes para pejabat tersebut ke Gubernur Jokowi. Dalam waktu dekat, Jokowi akan mengumumkan tiga nama pejabat calon sekda yang akan dikirimkan ke presiden. “Hasil fit and propert test, sudah kami laporkan kepada gubernur untuk di evaluasi. Tinggal menunggu keputusan Pak Gubernur saja mana yang layak untuk diajukan sekda,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta I Made Karmayoga, Selasa (1/10).

Made menegaskan, dari semua pejabat eselon II yang mengikuti tes itu, hanya tiga nama yang akan diusulkan. Kendati hingga kini belum diketahui nama-nama kandidat yang akan ditetapkan oleh Jokowi. “Siapa mereka. Kita tunggu keputusan pak gubernur,” ungkap dia.

Seperti diketahui, kursi sekda di Pemprov DKI Jakarta telah mengalami kekosongan sekitar enam bulan lebih. Padahal sekda merupakan pejabat birokrat nomor satu yang berfungsi membantu kinerja gubernur dan wakil gubernur dalam menjalankan roda pemerintahan daerah. “Kami pun (ingin) cepat,” pungkas Made.

Sehingga Gubernur Jokowi dituntut segera mengusulkan nama pejabat calon sekda. Sehingga proses penetapannya bisa berjalan dengan cepat. Apalagi ketiga calon sekda yang dikirimkan oleh Pemprov DKI akan melalui proses pertimbangan oleh tim yang dipimpin langsung oleh wakil presiden. Setiap calon sekda akan melalui proses jejak rekam. Mulai dari aspek hukum maupun karir selama di birokrasi.
 
Sebelumnya Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengungkapkan, hasil tes seleksi telah di tangan Gubernur Jokowi. Menurut dia, Gubernur Jokowi memiliki penilaian tersendiri terhadap tiga nama calon sekda yang akan diserahkan ke Kemendagri. Walaupun belakangan ini berkembang sejumlah nama yang kemungkinan bisa menjadi calon sekda yang akan diusulkan ke presiden. (pes/rul)

KEPUTUSAN calon sekretaris daerah (sekda) Pemprov DKI Jakarta yang akan dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tinggal menunggu waktu.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News