Tiga Cara Mensejahterakan Petani Versi Moeldoko

Tiga Cara Mensejahterakan Petani Versi Moeldoko
Ketua HKTI Moeldoko di sela-sela acara Temu Nasional Pemerhati Kelapa. Foto: Ist

jpnn.com, GORONTALO - Salah satu target pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla adalah mewujudkan swasembada pangan. Lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi masyarakat (Ormas) dan lainnya, ikut ambil bagian dalam mencapai target tersebut.

Pada 2016 program pemerintah berjalan dengan baik berdasarkan data dari Kementerian Pertanian (Kementan) tingkat kesejahteraan petani membaik.

Hal ini tercermin dari meningkatnya Nilai Tukar Petani (NTP) dan Nilai Tukar Usaha Petani (NTUP) yaitu NTP tahun 2016 mencapai 101,65 meningkat 0,06 persen dibandingkan NTP 2015 yang sebesar 101,59 dan NTUP rata-rata nasional tahun 2016 mencapai 109,86 atau naik 2,3% dibandingkan 2015, posisi ini tertinggi dalam tiga tahun terakhir.

Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko mengatakan, organisasinya berupaya membantu pemerintah untuk terus mensejahterakan petani Indonesia pada tahun-tahun ke depan.

Beberapa hal yang sudah dilakukan yakni pertama memperbaiki tanah dengan cara memuliakan tanah yang akan digunakan untuk pertanian.

“Para petani kami arahkan untuk tidak menggunakan pupuk non organik lagi. Beberapa daerah yang tanahnya rusak kami perbaiki agar lebih produktif lagi,” kata Moeldoko, dalam Temu Nasional Pemerhati Kelapa di Gorontalo, Senin (27/11).

Kedua, sambung Moeldoko, meningkatkan produktifitas pertanian nasional dengan cara petani harus berkepastian melalui teknologi. Para petani yang menggarap lahannya harus meninggalkan cara tradisional yang kurang efektif karena ada hasil panen hilang 10 persen per hektarnya.

“Kami tidak mengenal kata semoga dari 5 ton menjadi 9 ton. Kami sudah membuktikannya dengan cara melakukan penelitian dan pengembangan teknologi,” ujarnya.

Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko mengatakan, organisasinya berupaya membantu pemerintah untuk terus mensejahterakan petani

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News