Tiga Desa Terendam Banjir di OKI, BPBD Salurkan Bantuan

Tiga Desa Terendam Banjir di OKI, BPBD Salurkan Bantuan
Penyaluran bantuan untuk korban banjir. foto: Agustriawan/Sumeks

jpnn.com, PALEMBANG - Tiga desa di OKI, Sumatera Selatan menjadi korban banjir setelah cuaca ektrem melanda daerah itu sejak 18 Desember.

Ketiga desa tersebut  yakni Desa Sidomulyo Kecamatan Sungai Menang, Desa Embacang dan Desa Balian di Kecamatan Mesuji Raya.

Melalui BPBD Kabupaten OKI dan Dinas Sosial Kabupaten OKI bersinergi dengan PT Sampoerna Agro, mendangi para korban di tiga desa tersebut untuk

menyalurkan bantuan. Musibah Banjir tersebut juga berdampak terhadap perkebunan karet rakyat ataupun cetak sawah seperti di Desa Sidomulyo yang dalam hitungan kurang 1 bulan lagi dinantikan panennya.

Perusahaan perkebunan kelapa sawit juga mengalaminya. Seperti yang dituturkan Eldi Nuzan, selaku KGM PT. Sampoerna Agro, “Curah hujan hingga pertengahan bulan Desember ini saja sangat tinggi mencapai 543mm, kegiatan agronomi dan operasional kami cukup terhambat, beberapa lahan dan ruas jalan produksi kami juga sempat tergenang," ungkapnya.

Meski begitul, melalui CSR perusahaan, inisiatif Disaster Responsiveness bersama Pemda ikut membantu warga.

Kepala BPBD Kab.OKI, Listiadi Martin dihadapan sekitar 261 KK terdampak banjir di 3 Desa tersebut mengungkapkan bahwa faktor iklim dan cuaca menyebabkan curah hujan yang cukup tinggi.

Saat ini di Kabupaten OKI terdeteksi 11 titik Desa yang mengalami banjir, misalnya sungai ogan yang meluap telah berimbas banjir ke Desa Tanjung Beringin-Kecamatan Tanjung

Tiga desa di OKI, Sumatera Selatan menjadi korban banjir setelah cuaca ektrem melanda daerah itu sejak 18 Desember.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News