Tiga Jurusan Unmul Sepi Peminat

Tiga Jurusan Unmul Sepi Peminat
Tiga Jurusan Unmul Sepi Peminat
BALIKPAPAN- Tiga fakultas di Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda sepi peminat. Ketiga fakultas itu adalah Fakultas Kehutanan (Fahutan), Fakultas Pertanian (Faperta), dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK). Namun, sepinya minat calon mahasiswa untuk menuntut ilmu pada jurusan tersebut tak hanya terjadi di Unmul.  

"Itu juga terjadi secara nasional juga," kata Kepala Biro Humas Unmul M Ikhwan, kepada Kaltim Post (JPNN Grup).

Dia juga mengaku heran dengan fenomena yang terjadi beberapa tahun terakhir itu -- peminat tiga fakultas itu yang cenderung turun.  Padahal, jelas dia, seperti Fahutan dulunya adalah kampus paling favorit, tak hanya di provinsi ini, tapi juga nasional, bahkan internasional. Catatan media ini, tak sedikit mahasiswa Jepang yang studi di Fahutan, khususnya pascasarjana. Apalagi, Fahutan punya laboratorium lengkap dan tenaga pengajar mumpuni.

"Ya begitu, sekarang ini dipikir hutan sudah habis, enggak ada yang mau masuk kehutanan. Padahal, kehutanan enggak hanya itu,  banyak hal lain yang dipelajari dan diteliti, salah satunya obat-obatan," katanya.

BALIKPAPAN- Tiga fakultas di Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda sepi peminat. Ketiga fakultas itu adalah Fakultas Kehutanan (Fahutan), Fakultas…