Tiga Kapal Basarnas Buatan Batam Resmi Diluncurkan

Tiga Kapal Basarnas Buatan Batam Resmi Diluncurkan
Pekerja berjalan di galangan kapal di Tanjunguncang, Batuaji, Jumat (6/10). Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Tiga unit kapal negara (KN) pesanan Badan Sar Nasional (Basarnas) buatan Batam resmi diluncurkan di kawasan galangan kapal PT Palindo Marine di Seilekop, Sagulung, Senin (6/11) siang.

Peluncuran dilakukan langsung Kabasarnas RI Marsekal Muda TNI Muhammad Syaugi yang didamping Presiden Direktur PT Palindo Marina Harmanto bersama jajarannya.

Ketiga kapal tersebut adalah KN SAR Kumbakarna, KN SAR Bharata dan KN SAR Ramawijaya diproduksi PT Palindo Marine Batam.

Dalam arahannya Muhammad Syaugi mengapresiasi pihak PT Palindo Marine yang sukses menyelesaikan tiga kapal tersebut tepat waktu.

"Pemesanan tahun lalu dan alhamdulilah hari ini sudah bisa diluncurkan. Kami apresiasi karena pengerjaan tepat waktu," ujar Syaugi.

KN Sar Kumbakarna, KN SAR Bharata dan KN Sar Ramawijaya tersebut kata Syaugi merupakan tiga dari lima unit kapal yang dipesan Basarnas di tahun 2017 ini. "Tahun ini ada lima kapal. Dua lagi di perusahaan lain tapi di Batam juga. Lima kapal itu semuanya diluncurkan hari ini,"tuturnya.

Tiga kapal buatan PT Palindo Marine itu nantinya akan ditempatkan di kantor cabang Sar yang berbeda-beda. KN Sar Bharata akan ditempatkan di kantor cabang Sar Ambon, KN Ramawijaya di Padang dan KN Sar Kumbakarna di Manokawari, Papua.

Secara umum dijelaskan Syaugi, pengadaan kelima kapal itu bertujuan untuk mendukung program kerja Basarnas untuk mencari, menolong, menyelamatkan dan mengevakuasi korban bencana alam atau korban kecelakaan laut lainnya sesuai dengan Undang-Undang (UU) yang berlaku.

Ketiga kapal tersebut adalah KN SAR Kumbakarna, KN SAR Bharata dan KN SAR Ramawijaya diproduksi PT Palindo Marine Batam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News