Tiga Lagu SBY Warnai Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih

Tiga Lagu SBY Warnai Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih
Tiga Lagu SBY Warnai Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih

JAKARTA - Salah satu agenda penting dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, adalah upacara peringatan Detik-detik proklamasi di halaman depan Istana Merdeka. Dalam upacara tersebut, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertindak sebagai Inspektur Upacara, memimpin pengibaran sekaligus penurunan bendera merah putih.

    

Upacara Peringatan HUT ke-68 RI ini dimulai begitu Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono. Selanjutnya, detik-detik proklamasi ditandai dengan dibunyikan sirene dan kemudian dentuman meriam sebanyak 17 kali. Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel PNB Ronald Lucas Siregar.

   

Naskah proklamasi dibacakan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman. Kemudian Presiden memimpin peserta upacara dan undangan untuk mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Menag Suryadharma Ali.

     

Sekitar pukul 10.22 WIB, dilaksanakan pengibaran sang saka Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pengibaran bendera dilakukan oleh para anggota Paskibraka. Para anggota Paskibraka  tersebut berasal dari 33 provinsi yang telah diseleksi mulai dari tingkat provinsi. Adelena Tesalonika R dari SMA 4 Kendari, Sulawesi Tenggara mendapat kehormatan sebagai pembawa baki duplikat Bendera Pusaka. Sementara Mohammad Rayhan Akbar dari SMAN 8 Bekasi, menjadi pengerek bendera, sedangkan Gilbert Karamoy dari SMAN 1 Airmadidi, Sulawesi Utara, menjadi pembentang bendera. Para anggota Paskibraka berhasil melakukan tugasnya dengan baik.

    

JAKARTA - Salah satu agenda penting dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, adalah upacara peringatan Detik-detik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News