JPNN.com

Tiga Negara Eropa Kompak Tolak Maskapai Iran, Pesanan Amerika?

Minggu, 03 November 2019 – 16:52 WIB Tiga Negara Eropa Kompak Tolak Maskapai Iran, Pesanan Amerika? - JPNN.com
Pesawat Mahan Air, maskapai penerbangan asal Iran yang kini dilarang masuk ke tiga negara eropa. Foto: AP

jpnn.com, ROMA - Italia segera melarang maskapai Iran, Mahan Air, terbang ke Roma dan Milan. Otoritas penerbangan Italia, ENAC mengatakan bahwa larangan itu akan resmi diberlakukan mulai pertengahan Desember mendatang.

Asosiasi Maskapai Iran (AIA) mengkonfirmasi berita tentang larangan tersebut. Mereka menilai bahwa larangan terbang diberlakukan karena ada tekanan dari Amerika Serikat.

"Seiring dengan tekanan mereka terhadap negara kami, Amerika telah menekan Italia untuk menghentikan penerbangan Mahan Air ke Roma dan Milan," kata Sekretaris AIA, Maqsoud Asadi Samani seperti dimuat Reuters, Sabtu (2/10).

Sebelum Italia, langkah serupa juga dilakukan oleh Jerman dan Perancis. Kedua negara tersebut sama-sama telah melarang penerbangan oleh maskapai itu.

Amerika Serikat sendiri diketahui menjatuhkan sanksi pada Mahan pada tahun 2011. Negeri Paman Sam menilai bahwa maskapai tersebut memberikan dukungan keuangan dan lainnya untuk Garda Revolusi Iran. Mahan Air juga dituduh mengangkut peralatan dan personel militer ke zona perang Timur Tengah. (rmol/jpnn)

Sumber RMOL.co

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...