Tiga Patung Tokoh Pro-Perbudakan Dirobohkan

Tiga Patung Tokoh Pro-Perbudakan Dirobohkan
Patung tokoh konfederasi Jenderal Robert E Lee di Texas diturunkan. Foto: AP

jpnn.com, TEXAS - Meski meninggalkan luka, tragedi Charlottesville memiliki dampak positif. Insiden yang menewaskan satu orang dan melukai 19 lainnya itu memunculkan gelombang antimonumen tokoh konfederasi.

University of Texas, Austin, adalah salah satu yang ikut dalam gelombang ini. Mereka menurunkan tiga patung tokoh pro-perbudakan. Yaitu, patung dua jenderal konfederasi, Robert E. Lee dan Albert Sidney Johnston, serta anggota kabinet konfederasi John Reagan.

Patung Stephen Hogg, gubernur ke-20 Texas, pun ikut diturunkan. Patung itu tidak dihancurkan, melainkan dipindah ke Briscoe Center for American History.

Presiden University of Texas Greg Fenves menegaskan bahwa penurunan empat patung tersebut merupakan imbas dari tragedi di Charlottesville, Virginia.

Tragedi tersebut, menurut Fenves, membuat penduduk AS shock dan sedih.

’’Kejadian itu kian memperjelas bahwa monumen konfederasi telah menjadi simbol supremasi kulit putih modern dan neo-Nazi,’’ tegasnya.

Tragedi di Charlotttesville yang mengakibatkan Heather Heyer tewas itu memang dipicu rencana penurunan patung jenderal Robert E. Lee.

Agar tidak memicu konfrontasi serupa, proses penurunan patung-patung itu dilakukan tengah malam. Tepatnya Minggu menjelang tengah malam (20/8) hingga kemarin (21/8) sekitar pukul 03.00.

Meski meninggalkan luka, tragedi Charlottesville memiliki dampak positif. Insiden yang menewaskan satu orang dan melukai 19 lainnya itu memunculkan

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News