Kamis, 27 Juni 2019 – 13:35 WIB

Tiga Pelabuhan Penyeberangan Akan Diserahkan ke Pusat

Jumat, 14 Juni 2019 – 11:16 WIB
Tiga Pelabuhan Penyeberangan Akan Diserahkan ke Pusat - JPNN.COM

jpnn.com, NUNUKAN - DPRD Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, menyetujui penyerahan pelabuhan penyeberangan yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan ke Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI).

Ketiga pelabuhan penyeberangan tersebut yakni Pelabuhan Sei Jepun Nunukan Selatan, Pelabuhan Liang Bunyu Sebatik Barat, dan Pelabuhan Semaja Sei Menggaris.

“Ya, pihak DPRD setuju dengan penyerahan pelabuhan ini. Tapi sebelum diserahkan, tolong diperbaiki masalah-masalah lahan. Terlebih dahulu diselesaikan, setelah itu baru diserahkan,” ujar Ketua DPRD Nunukan H. Dani saat rapat dengar pendapat di DPRD Nunukan, Rabu (12/6). 

BACA JUGA: Bupati Nunukan Ungkap Fakta tentang Guru di Perbatasan

Pemkab Nunukan melalui suratnya memang pernah menyampaikan permohonan persetujuan itu kepada DPRD.

Dalam surat itu kembali dijelaskan oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Nunukan Serfianus, bahwa ketiga pelabuhan penyeberangan tersebut selama ini dikelola oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Nunukan.

Sejak beroperasi, pemkab hanya mampu mengalokasikan anggaran untuk biaya operasional, sementara biaya pemeliharaan tidak dapat dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD), mengingat aset tersebut milik Kementerian Perhubungan.

“Jadi, jika biaya pemeliharaan dibiayai melalui ABPD, maka akan mempengaruhi nilai aset pada objek tersebut. Di sisi lain Kementerian Perhubungan tidak dapat mengalokasikan anggaran pemeliharaan dikarenakan penyelenggaraan pelabuhan tersebut dilakukan oleh Pemkab Nunukan,” kata Sekkab Nunukan Serfianus.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar