Tiga Skenario Rekrut Guru Baru

Tiga Skenario Rekrut Guru Baru
Tiga Skenario Rekrut Guru Baru
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) menyiapkan tiga skenario dalam perekrutmen guru baru. Tiga skenario yang dimulai 2011 itu berupa rekrutmen untuk jangka pendek, menengah, dan panjang. Perekrutan guru baru ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan guru, karena  banyak guru yang pensiun, kebutuhan guru bidang studi baru, dan kebutuhan di daerah baru.

"Untuk mengatasi kebutuhan guru jangka pendek dengan merekrut lulusan S1 atau D4 yang berminat menjadi guru. Sebelum mengajar,  mereka terlebih dahulu mengikuti pendidikan profesi selama dua semester atau satu tahun. Kebutuhan guru ini setiap tahun, makanya kita siapkan yang fresh graduate," kata Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh ketika ditemui di ruang kerjanya, di gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (23/11).

Menurut dia, bagi guru-guru yang baru jika  tidak disiapkan pendidikan profesi dikhawatirkan mereka akan menjadi beban. Oleh karena itu, lanjut Mendikinas,  mulai 2011, Kemdiknas akan merintis pendidikan profesi.

Lantas bagaimana dengan skenario jangka menengah? "Pemerintah akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang duduk di semester 5 atau 6. Mereka yang berminat menjadi guru ditawarkan untuk pindah jalur, sehingga begitu lulus sudah tidak perlu lagi mengikuti pendidikan profesi satu tahun. Jadi pendidikan profesi embedded, sudah melekat di situ," katanya.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) menyiapkan tiga skenario dalam perekrutmen guru baru. Tiga skenario yang dimulai 2011 itu berupa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News