Tiga Tahun Berturut-turut, Jatim Juara Umum Olimpiade Sains Nasional

Tiga Tahun Berturut-turut, Jatim Juara Umum Olimpiade Sains Nasional
Jawa Timur meraih juara umum pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2022. Capaian ini merupakan tiga tahun berturut-turut diraih Jatim. Foto: Humas Pemprov Jatim

jpnn.com, SURABAYA - Jawa Timur meraih juara umum pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2022.

Pada kompetisi yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) tersebut Jatim sukses memborong 75 medali, perinciannya 15 medali emas, 28 medali perak dan 32 medali perunggu.

Hal ini menobatkan Jatim sebagai juara bertahan selama 3 tahun terakhir secara berturut-turut.

Capaian yang merupakan hasil kerja keras semua pihak tersebut diapresiasi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah juga memuji antusiasme para peserta didik dalam memiliki jiwa sportif kompetitif untuk pengembangan kemampuannya dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mengukir prestasi.

"Alhamdulillah, para anak didik kami kembali mengukir prestasi yang membanggakan di tingkat nasional. Jawa Timur kembali menjadi juara umum berkat semangat para siswa, para tenaga pendidik, dukungan orang tua dan Dinas Pendidikan Jawa Timur," ujar gubernur perempuan pertama di Jatim itu melalui keterangan yang diterima, Minggu (9/10).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Timur Wahid Wahyudi menambahkan di jenjang SMA/MA, para siswa memperebutkan medali untuk 9 bidang lomba, yakni yaitu matematika, fisika, kimia, biologi, informatika/komputer, astronomi, ekonomi, kebumian dan geografi.

"Alhamdulillah Jatim di bawah pimpinan Bu Gubernur Khofifah sukses mempertahankan juara umum tiga tahun berturut-turut. Ini tentu menjadi kebanggaan bagi dunia pendidikan Jawa Timur," kata Wahid Wahyudi.

Jawa Timur meraih juara umum pada Olimpiade Sains Nasional 2022. Capaian ini merupakan tiga tahun berturut-turut diraih Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News