Tiket Cawapres PDIP Jadi Rebutan 3 Tokoh, Pakar: Sandiaga Paling Unggul

Tiket Cawapres PDIP Jadi Rebutan 3 Tokoh, Pakar: Sandiaga Paling Unggul
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan bakal capres untuk Pilpres 2024 Ganjar Pranowo saat menghadiri pertemuan konsolidasi di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (31/7). Foto: Humas DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengumumkan nama lima tokoh yang berpeluang ditunjuk jadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo.

Namun, para pakar berpandangan hanya tiga tokoh saja yang benar-benar punya kesempatan meraih tiket cawapres dari koalisi partai pengusung.

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah mengungkapan bahwa ketiga sosok itu adalah, Menparekrat Sandiaga Uno, eks Panglima TNI Andika Perkasa dan Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar.

Di antara ketiganya, Dedi menilai Sandiaga Uno adalah yang paling cocok untuk Ganjar.

"Keputusan menunjuk capres Ganjar Pranowo ada pada Presiden Jokowi dan (Ketua Umum PDIP) Megawati. Kalau merujuk pada situasi itu, maka Sandi adalah tokoh paling potensial," katanya.

Menyandingkan Ganjar dengan Sandi yang seorang kader PPP, akan menjamin soliditas koalisi parpol pengusung.

Selain itu, Sandi juga dipandang memiliki kekuatan yang setara dengan Menteri BUMN Erick Thohir, sosok yang paling difavoritan untuk mendampingi Menhan Prabowo Subianto pada Pilpres mendatang.

"Dibandingkan Muhaimin Iskandar atau Andika Perkasa, jelas Sandiaga Uno lebih unggul dalam situasi saat ini," imbuhnya Dedi.

Pakar menilai hanya ada tiga sosok yang berpeluang mendapatkan tiket cawapres PDIP. Siapa saja mereka?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News