Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran 2019, Tujuh Rute Favorit

Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran 2019, Tujuh Rute Favorit
Libur panjang. Penumpang di stasiun kereta api. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tiket kereta untuk mudik lebaran 2019 sudah terjual sebanyak 270 ribu lembar sejak dibuka pada 25 Februari lalu. Tiket keberangkatan H-6 dan H-4 lebaran ludes.

Dari jumlah tiket yang terjual, ada 7 rute favorit dari Jakarta baik melalui Stasiun Gambir maupun Pasar Senen. Yakni, menuju Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Malang.

Ada beberapa faktor yang membuat masyarakat memilih kereta api untuk mudik. Yakni, tepat waktu, harga yang terjangkau, dan nyaman. Meski, rata-rata harga tiket KA lebaran melonjak 30 hingga 50 persen dari hari biasa.

Rute Gambir Jakarta-Pasarturi Surabaya pada 30 Mei atau H-6 lebaran, misalnya. Melalui KAI Access, harga tiket paling murah adalah Rp 750 ribu untuk kereta Argo Bromo Anggrek dan Sembrani. Naik Rp 280 ribu dari hari biasa.

BACA JUGA: Nyepi, Tak ada Aktivitas Penerbangan di Bandara Internasional Ngurah Rai

Jika dibandingkan pesawat, menggunakan KA tentu jauh lebih terjangkau. Harga tiket pesawat paling murah dari Jakarta ke Surabaya yakni Rp 1,3 juta. Menggunakan maskapai Citilink dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma menuju Juanda.

PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan 356 KA reguler dan 50 KA tambahan saat musim lebaran. Total, ada 406 KA. Jumlah tersebut meningkat 3 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya menyediakan 393 KA.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir. Kami sudah mengantisipasi lonjakan penumpang KA pada masa arus mudik dan balik," ucap Humas PT KAI Agus Komarudin.

Kereta api masih menjadi moda transportasi favorit pemudik lebaran 2019, terbukti tiket KA untuk H-6 dan H-4 lebaran sudah ludes.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News